Perbandingan Pompa ASI Elektrik Spectra

Perbandingan Pompa ASI Elektrik Spectra

Saat ini ada lima (5) tipe pompa ASI Elektrik Spectra dan sebentar lagi akan bertambah satu lagi. Banyaknya tipe pompa ASI mungkin kadang malah menjadikan Ibu-Ibu bingung memilihnya. Bagi penjual juga kadang susah menjawab jika ditanya mana pompa ASI yang paling bagus, seharusnya pertanyaannya adalah mana pompa ASI yang paling cocok?

Mencoba membantu memberikan jawaban kami mencoba membuat sebuah video tentang perbandingan pompa ASI elektrik Spectra. Karena sebenarnya yang lebih bisa menjawab pertanyaan itu adalah dari calon pengguna.

Awal video kami menjelaskan sedikit tentang kesamaan dari semua pompa ASI yang ada seperti; made in South Korea, semua part BPA Free, Closed System, Convertible to Manual Pump, dan sumber daya yang digunakan pada tiap pompa ASI.

Pertimbangan pertama: Sumber Daya Listrik

Apakah bunda mengalami kesulitan mengakses listrik PLN? jika jawabannya iya maka bunda butuh pompa yang bisa dijalankan tanpa harus dicolokin listrik setiap saat. Pompa yang sudah ada internal rechargeable baterai menjadi pilihan favorit (9+, M1, dan S1). Pun jika bunda punya power bank maka 9S juga bisa sebagai alternatif. Terakhir jika bunda punya stock baterai rechargeable AA di rumah (biasanya ex kamera digital, dan sejenisnya) maka pilihannya bisa bergeser ke 9S dan M2.

Pertimbangan kedua: Ukuran Doesn’t Matter

Apakah bunda mengalami kesulitan jika membawa pompa ASI berukuran besar? jika iya jangan membeli S1 dan S2 (karena ukurannya besar). Yang paling ringkas adalah M1 atau M2 karena ukuran motor kecil dan paketan pembelian juga hanya include 1 corong. Alternatif selanjutnya adalah 9S dan 9+.

Tapi jika bunda tidak ada masalah dengan ukuran dan mungkin malah posisi pompa ASI tidak pindah-pindah makan S1 dan S2 disarankan karena motornya lebih stabil tarikannya (lebih nyaman di payudara).

Bagaimana dengan kekuatan hisap maksimal? pompa ASI spectra memiliki kisaran kekuatan hisap yang tidak terlalu jauh berbeda dari mulai 290 sd 320 mmHg. Jangan terpaku dengan semakin kuat maka semakin bagus. Yang benar semakin nyaman semakin maksimal.

Pertimbangan ketiga: Single breast or Double breast?

Jika butuh waktu yang singkat dengan hasil maksimal double breast mungkin salah satunya. Pilihan favorit jatuh kepada 9S dan 9+. Tapi perlu diingat mengosongkan payudara lebih didahulukan, maksudnya lebih baik satu tapi benar-benar tuntas daripada 50%-50% dari dua payudara kemudian dicampur. Kenapa? karena ASI yang keluar di akhir sesi paling banyak kandungan lemak yang bagus untuk perkembangan/pertumbuhan bayi.

Lebih lengkap perbandingan pompa ASI spectra S1, S2, 9S, 9+, M1, dan M2 bisa dilihat pada Video berikut ini. Ada chartnya juga untuk memudahkan melihat secara cepat.

Leave a Reply