Panduan Memilih Perlengkapan MPASI

Panduan Memilih Perlengkapan MPASI

Panduan Memilih Perlengkapan MPASI

Memasuki usia anak 6 bulan adalah masa yang ditunggu sekaligus mendebarkan. Anak memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI/susu formula. Anak dikenalkan dengan makanan solid pertama kali mereka. Ada beberapa yang harus dipersiakan terutama pengetahuan bunda tentang MPASI terutama menu MPASI. Salah satu penunjang yang tak kalah penting adalah perlengkapan ‘tempur‘ MPASI. Terkadang bunda malah bingung memilih apa saja yang perlu disiapkan dari perlengkapan MPASI mengingat begitu banyak toko online perlengkapan bayi yang menyajikan pilihan merek dan jenis. Disini kami akan mencoba berbagi informasi tentang Perlengkapan MPASI/MPASU. Dengan panduan memilih perlengkapan MPASI diharapkan bunda bisa melakukan planning agar apa yang dibeli efektif dan efisien. Atau untuk menentukan skala prioritas antara yang paling penting hingga tambahan/aksesoris.

Secara umum perlengkapan MPASI terdiri dari 3 kategori:

  • Food Processing / Preparing
  • Food Storage / Store
  • Food Feeding

Food Processing / Preparing

MPASI Stage 1

Yaitu tahapan mengolah makanan dari bahan mentah sampai dengan siap santap oleh bayi. Tahapan ini ada dua komponen utama yaitu alat untuk mematangkan dan untuk menghaluskan. Mematangkan bertujuan agar makan menjadi empuk dan bebas kuman/bakteri. Menghaluskan bertujuan agar makanan mudah dicerna oleh bayi.

Mematangkan makanan bisa dilakukan dengan dua cara; dengan kukus atau dengan slow cooker. Sebenarnya ada satu lagi yakni rebus tapi jarang dilakukan karena dengan kukus makanan lebih cepat empuk dan nutrisi lebih terjaga. Mengukus bisa dilakukan dengan panci kukus biasa adapun slow cooker harus dengan alat khusus. Slow cooker sebenarnya adalah teknik merebus dengan suhu rendah, air pas, dan jangka waktu lama sehingga makanan bisa empuk dan nutrisi tidak hilang. Ada beberapa bahan dasar yang tidak perlu dimatangkan seperti pisang, apokat, dan semisalnya.

Menghaluskan bisa dilakukan dengan alat penggiling listrik (misal blender) atau manual dengan penumbuk, penggerus, penyet, dan semisalnya. Untuk penggiling listrik bisa dipakai untuk segala jenis bahan makanan mulai dari buah, sayur, ikan, daging, dan lainnya. Adapaun penggiling manual biasanya terbatas untuk buah, sayuran, dan ikan, sedangkan daging bisa untuk kondisi sudah empuk. Kelebihan blender manual pada bentuknya yang kecil dan ringkas serta bisa dilakukan tanpa harus ada listrik.

Saat ini banyak brand yang memiliki produk 2 in 1 yakni kukus dan blender. Atau jika bunda lebih suka teknik slow cooker maka bunda memerlukan alat tambahan berupa penggiling manual/elektrik.

Termasuk didalam kategori penghalus makanan adalah food maker yang berisi berbagai macam pernik seperti saringan stainless, pemarut, penumbuk, dan perasan jeruk.

Produk Food Processing bisa dilihat di AsiBayi pada Katalog Food Processor.

Food Storage / Store

MPASI Stage 2

Yakni perlengkapan bayi untuk menyimpan MPASI di kulkas maupun freezer, makanan bayi yang sudah jadi ataupun bahan mentah. Ini diperlukan, karena sangat sulit mengolah makanan dalam jumlah sedikit. MPASI yang biasa disimpan adalah kaldu dan puree.

Alat penyimpanan bisa terbuat dari plastik, kaca, maupun silicone.

Ketika akan disajikan/diolah makanan tinggal dihangatkan saja.

Tips hemat: bunda bisa menggunakan cetakan es batu biasa untuk mencetak makanan beku untuk kemudian disimpan didalam plastik ziplock.

makan bayi beku dg plastik ziplock
Produk food storage / store bisa dilihat di AsiBayi Katalog Containers.

Aksesoris tambahan: jika bunda suka bepergian mungkin bunda butuh wadah makanan bayi agar tetap hangat ketika perjalanan.

Food Feeding

MPASI Stage 3

Pernik yang terakhir berupa piring, sendok, dan cup minum. Bunda bisa menggunakan piring/mangkok kaca yang biasa ada di rumah. Adapun sendok pilihlah yang tidak tajam ujungnya. Untuk cup minum bisa dengan gelas biasa atau jika ada anggaran lebih bisa membeli training cup.

Aksesoris tambahan: alat yang menggabungkan piring/mangkok + sendok adalah botol sendok. Cocok digunakan saat bepergian.

Aksesoris tambahan: mesh feeder atau alat makan berjaring/silicone berlubang untuk melatih anak makan buah potong tanpa takut tersedak.

Koleksi AsiBayi:

Training Cup terbagi menjadi 3 model; spout (6-24 bulan), straw (12-36 bulan), cup (6 bulan-dewasa).

Produk training cup bisa dilihat di Katalog Training Cup.

Aksesoris Tambahan Perlengkapan MPASI

Selain yang disebutkan diatas ada aksesoris lainnya yaitu:

  • Highchair atau booster seat
  • Slabber/bib

Leave a Reply