Manfaat Minyak Zaitun / Olive Oil untuk Bayi

Olive Oil untuk Bayi

Salah satu bahan makanan yang pantas untuk selalu disediakan di rumah adalah Olive Oil / Minyak Zaitun. Pun juga karena olive oil bisa digunakan oleh seluruh keluarga, dari bayi, anak, ibu, bapak, nenek, dan kakek. Mungkin bagi orang Indonesia hal ini kurang lazim, hanya negara-negara di Eropa dan Arab yang sudah terbiasa memanfaatkan zaitun.

Minyak Zaitun memiliki manfaat yang beragam yang dikelompokkan dalam 3 hal; makanan sehat, perawatan kulit, dan perawatan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat dari minyak zaitun bagi bayi.

Sumber Makanan Sehat

Minyak zaitun khusus jenis extra virgin olive oil (EVOO) adalah salah satu bahan makanan yang sangat bagus untuk kesehatan bayi.

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal – lemak menguntungkan yang dalam jangka panjang membantu menurunkan kolesterol ‘buruk’ dan meningkatkan kolesterol ‘baik’.

Mengandung asam linoleat dan asam linolenat, asam lemak yang juga terkandung dalam ASI yang memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pertumbuhan tulang bayi.

Mengandung vitamin A, C, D, E, K – ditambah vitamin B. Ini adalah sumber makanan yang kaya anti-oksidan, membantu mencegah penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker. Khusus jenis EVOO memiliki anti-oksidan tertinggi dibanding jenis minyak zaitun lainnya.

Mengandung asam oleat (juga hadir dalam ASI) membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi Anda.

Memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah dan mengurangi gejala asma.

Digunakan ketika bayi mengalami sembelit. Zaitun dengan jumlah yang sedikit ditambah digunakan sebagai pencahar yang tetap lembut untuk perut bayi.

Memiliki nilai kalori yang tinggi sehingga biasanya dianjurkan oleh dokter dan ahli gizi untuk bayi yang memiliki keluhan berat badan kurang yang disebabkan lahir prematur atau sulit makan.

Takaran yang tepat untuk bayi usia 6 bulan (awal MPASI) adalah 1/4 sendok teh dipadu dengan 60 gram makanan bayi.

Salah satu merek EVOO yang diproduksi untuk anak-anak adalah Casa di Oliva for Kids.

Perawatan Kulit

Minyak zaitun bagus digunakan sebagai pencegah ruam popok. Karena bersifat minyak (menolak air) dan mudah menyerap di kulit sehingga daerah popok terjaga kelembabannya. Caranya: campur 2 sendok teh air dicampur dengan 1 sendok teh zaitun, oleskan secara merata di area popok si kecil.

Selain itu minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai media ketika melakukan massage (pijat ringan) pada bayi. Bisa dicampur juga dengan grapeseed oil. Lakukan pengetesan dulu dalam jumlah yang sedikit pada kulit bayi untuk mengetahui apakah kulit bayi anda cocok dengan zaitun.

Perawatan Kulit Kepala

Olive oil bisa digunakan untuk mengatasi cradle cap. Caranya teteskan zaitun ke telapak tangan dan gosok sampai hangat kemudian oleskan pada seluruh kulit kepala bayi, diamkan 10-20 menit kemudian bersihkan dengan shampoo.

Perlu diketahui bahwa zaitun memiliki beberapa jenis yaitu pure olive oil, light olive oil, dan extra virgin olive oil (EVOO). Masing-masing punya spesifikasi yang berbeda dan fungsi berbeda. Lengkapnya bisa dibaca pada artikel ini.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.