Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat / Mampet

Hidung Bayi Tersumbat Mampet

Ketika hidung bayi tersumbat jangan dianggap remeh karena kelancaran bayi dalam bernafas berkaitan dengan kelancaran proses feeding dan tidur nyenyak. Proses feeding (minum ASI dan makan MPASI) yang lancar akan menunjang pertumbuhan bayi dan juga tidur yang nyenyak dan cukup menunjang perkembangan bayi.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan mengatasi hidung mampet pada bayi.

Menjaga/Mencegah Lebih Baik

Bahkan menjaga kebersihan hidung bayi sangat penting dilakukan secara rutin. Hidung sebagai bagian terdepan sistem pertahanan tubuh bayi. Proses infeksi yang bisa masuk melalui jalur pernafasan akan disaring di hidung. Bagaimana caranya? anda bisa menggunakan produk-produk Baby Nasal Spray untuk membersihkan hidung bayi secara rutin. Salah satu merek yang dijual di pasaran adalah Sterimar Baby.

Menggunakan Cairan Garam 

Fungsi cairan garam disini adalah untuk mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung. Setelah encer diharapkan ingus lebih mudah dibersihkan. Formulanya; seperempat (1/4) sendok teh garam dilarutkan ke 100mL air hangat. Pastikan anda menggunakan garam dan air yang bersih. Atau anda juga bisa membeli cairan garam khusus tetes hidung semisal Sterimar Baby atau Breathy.

Cara menggunakan: terlentangkan bayi pada tempat yang rata, teteskan 2-3 tetes larutan garam ke dalam lubang hidung sebelah kanan dan kiri secara bergantian. Setelah ditetes, angkat bayi dan segera posisikan tengkurap (lakukan dengan hati-hati dan senyaman mungkin). Bersihkan dengan kain lap untuk ingus yang akan keluar. Lakukan berulang pada pagi hari setelah bayi bangun dari tidur, ketika sebelum nenen, dan ketika akan tidur di malam hari.

Menggunakan Alat Khusus Penyedot Lendir Ingus

Akan lebih efektif jika Ibu menggunakan alat penyedot ingus sehingga lendir yang didalam hidung tertarik keluar. Anda bisa membeli di apotik dan atau toko perlengkapan bayi seperti merek Pigeon Tube Nose Cleaner dan Nosefrida.

Menjaga Kehangatan Badan

Memberikan rasa hangat saat hidung tersumbat akan melegakan pernapasan bayi dan memberikan rasa nyaman. Ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat dan menjemur bayi saat matahari pagi. Dengan begitu bayi akan merasa hangat dan membantu melegakan sumbatan pada hidungnya.

Saat tidur,  sebaiknya ibu mengatur suhu AC sesuai suhu ruangan. Karena suhu AC yang rendah akan semakin membantu hidung bayi tersumbat. Sebelum tidur, kamu juga bisa membaluri tubuh bayi dengan olesan balsam khusus bayi  pada area punggung dan dada sambil dipijat lembut. Beberapa merek balsam khusus yang direkomendasikan antara lain:

Balsam tersebut didesain khusus untuk bayi sehingga tidak khawatir terlalu panas untuk kulit bayi.

Memijat Hidung Bayi

Memberikan pijatan lembut dengan tekanan yang ringan pada daerah T (atas hidung dan alis) dengan menggunakan olesan minyak telon akan membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Untuk mengeluarkan lendir, Ibu bisa memberikan tekanan lembut dengan menggunakan cotton bud atau sapu tangan di sekitar lubang hidung bayi. Tapi harus diingat, jangan terlalu dalam memasukkan cotton bud dan jangan terlalu keras dalam memijat.

Mengatur Posisi Tidur

Tidurkan bayi dengan posisi miring, ini efektif bila yang tersumbat hanya sebelah (bukan dua lubang hidung). Jadi jika hidung kiri yang tersumbat, ibu bisa memiringkan posisi tidur bayi ke kanan begitu juga sebaliknya. Saat hidung bayi tersumbat usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari badannya dengan memakai bantal.

Memberikan Inhalasi (Penguapan)

nebulisasi pada bayi

gambar dari http://zeros.co.in/

Inhalasi kadang diperlukan untuk beberapa kasus. Bagus dilakukan bagi penderita asma dan untuk bayi yang mudah pilek. Ibu bisa melakukan inhalasi sederhana dengan air panas/mendidih yang ditetesi minyak telon. Uap air yang dihasilkan diarahkan ke pernafasan bayi. Atau anda juga bisa menggunakan alat nebulizer yang biasanya disediakan di klinik dan rumah sakit. Jika dirasa perlu anda bisa membeli alat Nebulizer (lebih hemat membeli daripada bolak-balik pakai nebulizer di rumah sakit/klinik). Nebulizer ini mudah digunakan, salah satu merek yang banyak dijual online adalah Omron Nebulizer Ne-C28. Proses nebulisasi biasanya juga dicampur dengan obat-obatan (untuk asma) dan campuran garam/saline (untuk pilek). Ini lebih aman daripada pasien mengkonsumsi obat secara oral.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.