5 Hal Menakjubkan ketika Menyusui Bayi di Malam Hari

nighttime breastfeeding

Cerita dari seorang ibu-baru tidak jauh dari keluhan kurang tidur dan kecapekan. Tapi tahukah anda ada 5 hal yang menakjubkan dibalik menyusui pada malam hari. Tulisan ini semoga ibu menjadi lebih semangat menempuh hari-hari berat mereka (senyum).

SATU

Tahukah bunda bahwa penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui memiliki durasi tidur yang lebih lama 40-45 menit dibanding ibu yang menggunakan susu formula pada 3 bulan pertama setelah melahirkan (sumber). Mengapa? yup, karena menyusui lebih melelahkan. Dan, penelitian juga mengungkapkan bahwa ibu menyusui yang memiliki tidur ekstra membawa efek penting bagi kesehatan mental ibu dan berfungsi mengurangi risiko depresi postpartum (sumber).

DUA

Tahukah bunda bahwa pada wanita menyusui, produksi prolaktin (hormon yang memproduksi ASI) mengikuti ritme sirkadian? Penelitian menunjukkan bahwa kadar prolaktin menyusui perempuan secara signifikan lebih tinggi di malam hari, terutama di larut pagi. Oleh karena itu kadang kita dapati bayi sering ingin nenen di malam hari karena dengan alasan cukup sederhana, ada lebih banyak ASI di malam hari! (sumber) Bukankah bayi itu pintar ??

TIGA

Tahukah bunda bahwa bayi dilahirkan belum memiliki ritme sirkadian? Oleh karena itu bayi belum memiliki naluri malam atau siang, dan bayi mengembangkan siklus tersebut sendiri dari pengalamannya beberapa bulan setelah dilahirkan. Mayoritas bayi pada awal-awal usia mereka tidak memiliki melatonin (hormon perangsang tidur). Tapi, coba tebak bayi mendapatkan hormon tersebut melalui ASI yang diminumnya pada malam hari (sumber). Jadi, para ilmuwan menyimpulkan bahwa bayi belajar siklus sirkadian dari ASI yang diminumnya pada malam hari dan pada akhirnya belajar untuk tidur lebih lama di malam hari.

EMPAT

Tahukah bunda bahwa ASI pada sore dan malam hari selain mengandung melatonin (hormon perangsang tidur), ASI pada waktu tersebut juga kaya akan zat yang berfungsi sebagai peningkat otak. Seperti sebuah kutipan dari seorang ilmuwan peneliti anak usia dini dari University of Notre Dame, Darcia Narvaez, PhD:

Orang tua harus tahu bahwa ASI di malam hari mengandung lebih tryptophan (asam amino penginduksi tidur). Tryptophan adalah bahan pembuat serotonin, hormon penting untuk fungsi otak dan perkembangan. Pada awal kehidupan, adanya Tryptophan mengarah ke pengembangan penerima serotonin (Hibberd, Brooke, Carter, Haug, & Harzer, 1981). ASI malam hari juga memiliki asam amino yang merangsang terjadinya sintesis serotonin (Delgado, 2006; Goldman, 1983; Lien, 2003). Serotonin membuat otak bekerja lebih baik, membuat suasana hati yang baik (good mood), dan membantu terbentuk siklus tidur-bangun (Somer, 2009). Sehingga sangat penting bagi anak-anak untuk mendapatkan ASI pada sore dan malam hari untuk mendapatkan hormon tryptophan di dalamnya, dan dengannya anak-anak tertidur (sumber).

LIMA

Tahukah bunda bahwa dengan menyusui pada malam hari sangat penting dalam rangka menjaga produksi ASI jangka panjang secara stabil dan kuat dan ini berarti akan menjadi sedikit pumping (bagi ibu-ibu yang menggunakan pompa ASI di waktu kerja). ASI diproduksi berdasarkan permintaan pasar, semakin sering dikeluarkan, produksi juga akan mengikuti. Dan proses ini berlaku 24 jam baik pagi, siang, dan malam. Keluarnya ASI yang teratur dalam 24 jam menjaga kestabilan produksi (sumber).

Dengan membaca ini diharapkan ibu tidak mengeluh jika ketika jam 02.00 si kecil membangunkan anda yang ternyata banyak manfaat seperti memberikan Anda karunia tidur LEBIH, menurunkan resiko depresi setelah melahirkan, membangun dan mengembangkan otak mereka, mengurangi risiko gangguan suasana hati jangka panjang, mengembangkan siklus sirkadian mereka sendiri, mendapatkan lebih banyak susu ketika pasokan Anda adalah yang tertinggi, menjamin pasokan ASI jangka panjang Anda, dan memberikan Anda kesempatan untuk mengurangi waktu memompa di tempat kerja. Para ibu mari berjuang !!!

Catatan dari editor: tentang kebiasaan tidur bagi orang dewasa mungkin beragam, anda juga bisa menambah wawasan dari artikel ini dan artike ini.

Catatan dari blog AsiBayi: diterjemahkan secara bebas dari artikel “5 Cool Things No One Ever Told You About Nighttime Breastfeeding

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.