Tentang Prefold?

Prefold

Prefold / alas ompol adalah salah satu tipe alas ompol yang telah dijahit dimana bagian tengah dibuat lebih tebal (lapisannya lebih banyak) dibanding pinggir dengan tujuan untuk menyerap pipis yang keluar di tengah dan agar alas ompol ini tidak bulky. Alas ompol bisa berbentuk persegi dan atau persegi panjang. Prefold mulai dikenal sejak tahun 1950 dari negara-negara Amerika dan Eropa. Seiring perkembangan industri popok kain cuci ulang (cloth diaper) di Indonesia maka penggunaan alas ompol juga ikut masuk ke Indonesia.

Walaupun berasal dari Amerika dan Eropa, Prefolds pada umumnya ada 2 tipe utama yaitu Chinese Prefolds dan Indian Prefolds. Perbedaan keduanya adalah di negara mana prefold tersebut berasal, Chinese Prefolds berasal dari Tiongkok adapun Indian Prefolds berasal dari Pakistan. Secara karakteristik perbedaan pada cara menenunnya, Indian Prefolds menggunakan teknik Twill adapun Chinese Prefolds menggunakan teknik Gauze. Adapun dari sisi fungsi tidak ada perbedaan yang siginifikan.

Gauze vs Twill weave

Apa saja keunggulan Prefolds?

  • Relatif lebih ekonomis
  • Memiliki daya serap yang lebih tinggi
  • Mudah dicuci dan cepat kering
  • Awet dan mudah maintenance
  • Multi purpose, bisa digunakan sebagai popok langsung, soaker untuk diaper cover, insert untuk pocket diaper, bahkan sebagai kain lap

Apa saja kekurangan Prefolds?

  • Kadang dibutuhkan diaper cover
  • Dibutuhkan pin dan atau snappy tambahan untuk memakainnya sebagai popok langsung
  • Lebih membutuhkan waktu untuk melipatnya

Dari ukuran prefolds juga bisa dibagi dalam beberapa kategori:

  • Newborn
  • Infant
  • Premium/Reguler
  • Toddler

Untuk standarisasi bisa berbeda satu merek dengan merek yang lain.

Cara Penggunaan Prefold

Prefold bisa dilipat menjadi beberapa model penggunaan. Berikut tata cara penggunaan prefold beserta gambar.

1. Trifold

Cara yang cukup mudah. Tinggal melipat prefold sesuai lipatan yang ada pada lembaran prefold. Modifikasi cara ini dengan melipat sedikit di bagian depan lalu lipat kedua sisi yang lain. Cara ini digunakan agar mendapatkan lapisan yang tebal di depan. Biasanya digunakan sebagai soaker untuk diaper cover dan diaplikasikan pada bayi laki-laki

PhotoGrid_1434360748531
2. Newspaper fold

Lipat sedikit bagian belakang prefolds. Kemudian di kedua sisi lipat sebagaimana gambar. Kemudian pakaikan kepada bayi dan kaitkan dengan snappi atau peniti bayi.

PhotoGrid_1434360509215
3. Jelly roll fold

Sama seperti newspaper fold hanya bedanya kedua sisi dipilin-pilin sehingga ketika digunakan bagian paha menyerupai gulungan. Cara ini sepertinya efektif mencegah pee dan pup bocor samping.

PhotoGrid_1434360545289
4. Bikini fold

Lipat bagian belakang prefolds. Kemudian silangkan kedua sisi prefolds hingga tampak seperti gambar. Kemudian pakaian kepada anak. Cara ini menjadikan bagian tengah popok tebal, sehingga mampu menyerap banyak cairan.

PhotoGrid_1434360585090

Model ke 2 sampai dengan 4 (sebagai popok langsung) biasanya digunakan pada newborn yang biasanya pee/pup-nya masih sangat sedikit sehingga jumlah cucian lebih sedikit. Adapun model pertama (digunakan sebagai soaker) digunakan ketika pup/pee-nya sudah mulai banyak sehingga butuh diaper cover yang notebene waterproof.

Dimana bisa membeli Prefold?

di AsiBayi dengan link berikut: http://asibayi.com/arsip/category/cloth-diaper/aksesoris-clodi/prefold/

2 thoughts on “Tentang Prefold?

  1. Pingback: Ecobum Prefold, Unbleached 100% Cotton

  2. Pingback: Bumwear Prefold, Alas Ompol Ekonomis dan Multifungsi 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.