Manfaat Handsfree Breastpump Bra

Manfaat Handsfree Breastpump Bra: Massage + Pumping = More Milk

Jika anda merasa kurang optimal ketika memompa (pengosongan tidak maksimal) maka anda bisa mencoba teori yang satu ini. Teori ini sudah dilakukan penelitian dan dipublikasikan oleh beberapa ahli, berikut beberapa kesimpulan dari karya tulis yang telah dipubliksikan tersebut:

We Propose a simple, no cost, risk free intervention, combining electric pumping with two manual techniques has a beneficial influence on milk production as well as composition by removing fat-rich hindmilk more effectively than pump suction alone” (Dr. Jane Morton et. al. J Perinatology 2012 32 791-96)

“Breast Compression may increase intramammary and intraductile pressure thereby improving the removal of more viscous, fat rich milk” (Dr. Jane Morton et. al. J Perinatology 2012 32 791-96)

“…the pressure is the important factor in the production of a high percentage of fat. The greater the pressure apparently the steeper will be the rise in Fat percentage. Suction employed alone, on the other hand, tends to lower the percentage of fat” (Widdows Biochem J. 1933;27(5):1400-10)

Selain itu hasil survey terbaru (Juni 2014): 76% Ibu yang menggunakan LactaMed Simplicity™ Bra (salah satu merek handfree pumping bra) mendapatkan ASI perah yang lebih cepat dibanding tanpa menggunakan handsfree pumping bra.

Berikut adalah hasil penelitian Standford tentang mengkombinasi antara penggunaan pompa asi elektrik dan perah dengan tangan.

pumping vs massage

Grafik pertama (garis hitam) adalah menunjukkan hasil produksi ASI menggunakan pompa asi electric (hanya hisapan).

Grafik kedua (garis kuning) menunjukkan kombinasi antara penggunaan pompa asi elektrik ditambah massage pada payudara.

Grafik ketiga (garis merah) menunjukkan kombinasi antara penggunaan pompa asi elektrik dan ditambah perah manual dengan tangan (tidak sekedar massage). Dan ini adalah yang paling banyak menghasilkan ASI.

Berikut video selengkapnya dari hasil penelitian Stanford: http://newborns.stanford.edu/Breastfeeding/MaxProduction.html

Sebelumnya saya pikir fungsi handsfree pumping bra hanya sekedar agar pompa asi electric tidak perlu dipegangin sehingga Ibu bisa melakukan aktifitas lainnya. Ternyata tidak sepenuhnya benar, bahkan handsfree pumping bra bisa memiliki fungsi yang lebih dari itu. Ketika tangan kita bebas dari memegang pompa ASI maka kita bisa melakukan massage (pijat) pada payudara. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan oleh pompa ASI, pijat urut dari pangkal payudara menuju ujung payudara. Pemijatan juga akan merangsang ASI yang kaya akan lemak. Dengan mengkombinasi pijat dan pumping akan menghasilkan ASI yang lebih banyak.

AsiBayi memiliki beberapa merek dari Handsfree Breastpump Bra:

Referensi:

  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22222549
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1253042/pdf/biochemj01106-0076.pdf
  • http://www.prweb.com/releases/2014/06/prweb11960373.htm

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.