Membedakan Ergobaby Carrier Original dan KW

ErgoBaby Carrier Original dan KW

ErgoBaby Carrier Original dan KW

Sebenarnya sudah ada yang membuat postingan tentang ini tapi kayaknya setiap waktu yang KW mencoba meniru semirip mungkin yang ORI dan ternyata memang benar adanya.

Berikut hasil googling dari situs luar negeri yang kemudian kami repost ulang. Kesimpulan singkatnya produk ErgoBaby Carrier KW sangat mirip dengan yang ORI. Anda baru bisa membedakan jika kedua barang tersebut disandingkan langsung. Faktor utama yang membedakannya hanya dari jenis bahan-nya. Saya belum berani menyimpulkan dari sisi kualitas bahannya kecuali memang sudah ada ujicoba ilmiah (tapi yang jelas bahannya beda).

Mari kita lihat perbandingannya poin per poin.

Kemasan/Dus

Dalam hal kemasan antara Erbobaby Carrier ORI dan KW sangat mirip. Hanya saja warna dus ORI cenderung lebih terang (tapi hal ini mungkin bisa berubah mengingat pewarnaan mudah sekali dimodifikasi).

dus ergobaby carrier kw dan ori

ergobaby carrier kw dan ori (dus 3)

ergobaby carrier kw dan ori (dus)

ergobaby carrier kw dan ori

Bagian Dalam

Ketika pertama kali membuka ErgoBaby Carrier ORI tanpa adanya plastik sedangkan KW dibungkus dengan plastik.

ergobaby carrier kw dan ori (buka 2)

Kartu Registrasi

Baik ORI maupun KW terdapat kartu registrasi. Bahkan produk KW/Palsu-nya pun bisa didaftarkan :). Hal ini dimungkinan ErgoBaby tidak memiliki sistem penomeran yang baku. Tapi baru diketahui setelah pengecekan manual ke produsennya.

ergobaby carrier kw dan ori (kartu 1)

Tag Logo

Logo ErgoBaby Carrier yang asli terdapat strip tipis warna turquoise (yang palsu putih semua). Pernah baca juga dari sebuah forum luar negeri jika logo ErgoBaby Carrier Palse terdapat strip lebar warna turquoise.

ergobaby carrier kw dan ori (logo 1)

Postur Gendongan

ErgoBaby Carrier yang asli relatif lebih berbentuk square. Adapun yang palsu lebih meruncing kebawah dan lebih tinggi. Dari segi bahan maka yang ASLI lebih kaku dibanding yg PALSU. Walaupun kesan pertama justru yang KW akan terasa lebih lembut dan lebih nyaman digunakan. Dari beberapa review ErgoBaby Carrier ORI lama-lama akan menjadi lembut seiring waktu.

ergobaby carrier kw dan ori (postur)

Tudung/Hood

ErgoBaby Carrier ASLI memiliki tudung yang relatif lebih besar. Di tudung juga terdapat logo ErgoBaby. Nah disinilah terdapat perbedaan yang cukup mencolok yaitu posisi label ErgoBaby. Perusahaan ErgoBaby pasti memiliki perhatian yang serius bagaiman agar label selalu menghadap ke depan (terlihat). Adapun KW posisinya tidak terlalu presisi.

ergobaby carrier kw dan ori (hood)

Anyaman Benang

Perbedaanya sedikit sekali (lihat gambar).

ergobaby carrier kw dan ori (bahan)

Label Peringatan

Dahulu diberitakan ini adalah cara mudah membedakan ASLI dan PALSU adalah dengan melihat label peringatan. Diberitakan bahwa yang PALSU terdapat salah ketik, hanya satu bahasa, dan kadang tidak dijumpai. Tapi saat ini antara ASLI dan PALSU sama saja (lihat gambar).

ergobaby carrier kw dan ori (warning label)

Buckle

Pada beberapa artikel disebutkan bahwa produk Ergo KW memiliki kualitas buckle yang jelek dibanding Ergo ORI. Tapi berdasarkan produk ErgoBaby KW terbaru ditemukan bahwa buckle yang digunakan mirip dengan ORI. Bahkan merek yang digunakan juga mirip (STEALTH Dura-Flex).

ErgoBaby ORI-KW Buckle

Karet Pengikat Lipatan

Pada tali pinggang terdapat karet yang berfungsi untuk mengikat tali pinggang yang berlebih (kepanjangan), misal orang yang kurus akan punya kelebihan tali pinggang yang panjang. Nah kelebihan tali pinggang ini diikat dengan semacam karet (lihat gambar di bawah). Ini merupan poin kedua dari perbedaan ErgoBaby ORI dan KW. Ergo KW memiliki karet yang kualitasnya jelek dan terlihat bergelombang (keriting).

ergobaby carrier kw dan ori (karet tali pinggang)

Bentuk Gendongan

ErgoBaby ORI memiliki bentuk yang cenderung kotak (square). Lihat perbedaannya pada gambar di bawah:

ergobaby carrier kw dan ori (bentuk)

Posisi Lipatan Tali Punggung

Produk ErgoBaby ORI memiliki lipatan tali punggung dekat dengan badan gendongan. Lihat gambar (bawah) dimana lipatan ditandai warna putih. Produk KW memiliki jarak beberapa cm lebih jauh dari badan gendongan.

ergobaby carrier kw dan ori (posisi lipatan)

Shoulder Straps

Shoulder straps produk Ergo ORI bernbentuk lebih kotak adapaun yang KW rounded.

ergobaby carrier ori vs kw (shoulder straps)

Hood Strap

Produk ASLI memiliki kualitas strap yang sedikit lebih bagus.

ergobaby carrier ori vs kw (hood straps)

Label Made In

Pada review yang pernah saya baca bahwa produk kw terdapat label made in China dan ori made in India. Hal ini salah karena baik ori maupun kw terdapat label Made in India untuk keduanya.

ErgoBaby Carrier Label Made In

Kesimpulan

Sulit membedakan produk antara ErgoBaby Carrier ASLI dan PALSU. Jalan satu-satunya termudah adalah anda harus membeli produk ErgoBaby ASLI di toko-toko terpercaya (contoh AsiBayi.Com he he he).

Berikut produk Gendongan Ergo Baby yang dijual di AsiBayi:

Walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan tetapi membeli produk ORIGINAL/ASLI sudah pasti akan lebih baik. Alasannya karena konsumen mendapatkan produk kualitas lebih baik dan tidak merugikan pihak-pihak lainnya. Tetapi konsumen memiliki hak pilih masing-masing.

Sumber:

Referensi:

 

7 thoughts on “Membedakan Ergobaby Carrier Original dan KW

  1. diana

    hello bun,
    mau tanya donk untuk pembelian prodak ORIGINAL bisa didapat dimana dan harganya berapa? Saya agak kesulitan mencari stock ORI.
    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.