Memilih Pompa ASI Terbaik

Memilih Pompa ASI Terbaik

Memilih Pompa ASI Terbaik? Sering sekali ditanya breast pump mana yang terbaik, paling recommended, pompa asi yang bisa menghasilkan ASI paling banyak, pompa asi yang paling nyaman (tidak sakit) dan pertanyaan semisal.

Maaf mungkin anda tidak akan mendapat jawabannya disini karena saya juga ingin tahu jawabannya disini “Memilih Pompa ASI Terbaik”. Butuh sebuah riset yang mendalam untuk pembahasan ini dan saya rasa ini merupakan topik yang menarik untuk dijadikan sebagai bahan skripsi atau thesis. Karena posisi AsiBayi.Com disini adalah penjual dan memang belum pernah menggunakan pompa ASI sama sekali (karena memang cowok he he he). Rating penjualan menurut saya juga bukan merupakan patokan yang valid. Kemampuan marketing sebuah brand dan giatnya melakukan promosi adalah kunci sukses penetrasi pasar. Tidak kalah penting adalah layanan purna jual (service center dan spare part) juga sangat berpengaruh terhadap penjualan sebuah Pompa ASI. Selain itu harga juga memegang peranan penting produk mana yang lebih banyak dicoba oleh Ibu. Penelitian pompa ASI adalah porsi bagi para peneliti dan atau akademisi.

Berikut hasil analisa kami tentang beberapa poin perbandingan pompa asi/breast pump:

I. Pompa ASI open system VS closed system

Pompa ASI open system bekerja secara langsung dari hisapan motor unit langsung terjadi hisapan pada payudara. Pompa ASI closed system bekerja melalui hisapan skunder dimana hisapan motor unit akan menggerakkan sebuah membran diafragma sehingga terjadilah hisapan skunder yang dirasakan payudara. Rancangan closed system bertujuan agar ASI perah tidak masuk kedalam motor unit (alasan agar motor unit awet dan hygienitas lebih bagus). Namun pernah dengar katanya untuk kualitas hisapan open system lebih bagus. Apa benar? butuh sebuah penelitian pastinya.

II. Fixed phase VS Multi phase

Beberapa brand mematenkan phase/ritme pompaan seperti Medela Swing dengan “2 phase expression” dan ternyata diikuti beberapa brand lain seperti Avent, Tommee Tippee, Unimom Allegro, dan lain-lain. Selain itu banyak juga pompa ASI yang sama sekali tidak ada perbedaan phase seperti Medela Mini Electric, Unimom Forte, dan yang sejenisnya. Terakhir ada pompa ASI yang memiliki multi phase dimana user bisa mengatur sesuka mereka. Ini diterapkan pada Ameda Lactaline, Pigeon Silent Electric, Ardo Calypso, Spectra S2, dan semisalnya. Apakah ada pengaruh dari penggunaan phase ini? seberapa besar pengaruhnya? dan apakah “2 phase expression” milik Medela benar-benar valid atau ada pilihan lain?

III. Kekuatan Pompa ASI

Seberapa besar kekuatan pompa ASI yang ideal atau optimal untuk mengosongkan payudara sehingga produksi ASI bisa lebih banyak. Ini mungkin bisa dikaitkan dengan poin nomor 2. Yang jelas pompa ASI yang kuat hisapannya bukan berarti hasilnya lebih banyak. Tapi kekuatan hisapan yang pas akan membuat pengguna menjadi nyaman. Berapakah hisapan yang pas? (ukurannya dalam mmHg).

IV. Bentuk dan Ukuran Corong

Beberapa brand menyediakan pilihan ukuran corong agar hasil pompaan lebih maksimal; Medela, Ameda, dan Ardo. Ada juga bentuk corong yang memiliki sudut seperti PumPinPal Super Shield yang diklaim akan mempercepat aliran ASI dari payudara. Dan mayoritas brand lainnya tidak ada pilihan ukuran corong. Selain itu penggunaan bantalan silicone pada corong agar ketika memompa tidak terasa sakit. Seberapa besar pengaruhnya antara ukuran/bentuk corong yang pas sehingga fungsi Pompa ASI lebih optimal?

V. Faktor Lainnya

Sepertinya sugesti memiliki pengaruh yang besar juga. Misal; merek Medela sudah terkenal sehingga menggunakannya lebih confident akan keberhasilannya. Atau ketika temannya sudah berhasil menggunakan breast pump merek A maka user akan optimis dia akan berhasil dengan pompa asi merek A juga.

Faktor lainnya yang perlu digali adalah ada beberapa Busui yang lebih cocok menggunakan perah tangan (marmet) dibanding menggunakan pompa ASI. Topik yang juga menarik.

Jika memang ada yang mencoba melakukan riset/penelitian dan akhirnya ada kesimpulan. Mungkin hasilnya akan diperebutkan oleh para produsen. Tapi bisa juga hasil riset disimpulkan bahwa merek dan variasi bentuk pompa tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi ASIP. Nah loh….

Ayo siapa yang tertarik untuk melakukan penelitian? atau minimal melakukan pendataan statistik.

Berikut adalah Katalog Lengkap Produk Pompa ASI / Breastpump

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.